Sumber Daya Internet



Ada begitu banyak sumber daya intenet yang dapat kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Seiring berjalannya waktu, sumber daya yang ditawarkan oleh internet semakin berkembang dengan pesat. Adapun beberapa sumber daya yang sering kita jumpai, antara lain World Wide Web,Email, Mailing, List, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol (FTP), dan VoIP.

  1. World Wide Web

    World Wide Web (WWW) atau yang biasa kita kenal dengan sebutan web/website adalah fasilitas internet yang dapat menampilkan kumpulan informasi, gambar, suara, bahkan video. Melalui website, kita dapat memperoleh berbagai macam informasi, hiburan, pengetahuan, dan masih banyak lagi.

    Website dapat diumpamakan sebagai sebuah buku yang mengandung beberapa halaman yang disebut dengan web pages. Web pages merupakan sebuah bagian khusus dari website tertentu. Dalam hal ini, kita juga mengenal istilah homepage, yaitu halaman muka dari situs web, atau ibarat sampul halaman sebuah buku. Homepage biasanya berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web sehingga memudahkan pengunjung menelusuri apa isi di dalam web tersebut.

    Untuk dapat mengakses sebuah websitt, kita membutuhkan suatu program aplikasi yang disebut web browser. Adapun beberapa web browser yang cukup populer, antara lain Internet Explore, Google Chrome, dan Mozilla Firefox. Saat ingin mengunjungi website tertentu, kita cukup mengetikkan URL (Uniform Resource Locator) website tersebut pada web browser. URL merupakan alamat dimana sebuah web diletakkan.

  2. Electronic Mail (Email)

    Email atau surat elektronik merupakan salah satu fasilitas internet yang paling banyak digunakan. Dengan fasilitas ini, kita dapat mengirim surat dari dan ke pengguna internet di seluruh dunia. Kita juga dapat menyertakan dokumen maupun gambar dalam surat elektronik yang kita kirimkan. Jika dibandingkan dengan pengirim surat melalui pos, pengirim email ini jauh lebih cepat. Dengan menggunakan email, surat yang kita kirimkan dapat tiba di tempat tujuan sesaat setelah kita mengirimkannya.

  3. Mailing List

    Mailing list atau yang bisa disingkat milis merupakan fasilitas email secara berkelompok. Saat kita bergabung dalam anggota milis, kita dapat bertukar informasi melalui email yang beredar dalam kelompok tersebut. Pada saat kita mengirimkan sebuah email ke alamat milis, maka semua anggota milis tersebut akan mendapatkan email yang kita kirimkan. Adanya milis ini sangat memudahkan komunikasi kelompok sehingga informasi dapat tersebar dengan cepat dan merata.

  4. Internet Relay Chat

    Internet Relay Chat merupakan aplikasi internet yang memungkinkan kita bercakap-cakap dengan lawan bicara melalui internet. Percakapan melalui internet ini dikenal dengan sebutan chatting. Untuk melakukan chatting, kita cukup mengetikkan kata-kata yang ingin kita diucapkan pada lawan bicara kemudian mengirimkannya. Saat ini, aplikasi internet memungkinkan kita melakukan chatting sekaligus menyispkan gambar dan suara. Bahkan dengan adanya fasilitas webcam, kita dapat melakukan chatting sambil melihat lawan bicara melalui layar monitor.

  5. File Transfer Protocol (FTP)

    FTP merupakan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengirim data dari komputer yang satu ke komputer yang lain. Dengan adanya FTP, proses pengiriman data menjadi lebih mudah dan cepat. Proses pengiriman data dari komputer kita ke komputer lain disebut uploud, sedangkan pengambilan data dari komputer lain ke komputer kita disebut download. FTP juga sering digunakan untuk pengambilan data dari suatu website. Data ini dapat berupa lagu, dokumen, foto, dan sebagainya, yang memang diizinkan untuk diambil oleh pihak-pihak yang membutuhkan.
  6. VoIP

    VoIP (Voice Over Internet Protocol) adalah suatu teknologi yang memungkinkan percakapan suara melalui internet. Dengan menggunakan teknologi ini, seseorang dapat menggunakan telepon tanpa harus membayar biaya sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) jika ia berhubungan dengan orang lain yang berada pada kota atau negara lain. Konsepnya seperti berikut: pada sumber suara, suara yang berupa isyarat analog diubah mejadi isyarat digital. Data suara ini dikirim melalui internet dalam bentuk paket-paket. Pada bagian penerima, paket-paket dirakit kembali dan data diubah menjadi isyarat analog. Selain menggunakan Internet Protocol (IP), VoIP juga memanfaatkan RTP (Real Time Protocol) untuk memastikan agar paket-paket sampai pada penerima secara tepat waktu.
    Keuntungan pengguna VoIP adalah membuat biaya komunikasi suara jarak jauh (interlokal) menjadi lebih murah, dengan kualitas suara yang baik.

  7. Telnet
    Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal, User data di-band diselingi dengan informasi kontrol Telnet dalam koneksi data 8-bit byte berorientasi selama Transmission Control Protocol (TCP).TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama.TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sumber Daya Internet"

  1. baru tau kalo chatting itu Internet Relay Chat, makasih artikelnya :D

    ReplyDelete

" KOMENTAR ANDA SANGAT BERARTI BAGI KAMI "
► Dilarang SPAM
► Dilarang Berbicara Kotor
► Jika Ada Yang Salah Mohon Maaf
► Semoga Artikelnya Bermanfaat
► Terima Kasih Telah Mungunjungi WEB Ini