Pengertian Internet dan Intranet




Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan kata internet. Kita sering menggunakan internet untuk mencari berita-berita terbaru, mengirim surat ke tempat lain dengan cepat lewat email, berkomunikasi dengan teman di seberang lewat fasilitas chatting, bahkan bermain game jauh menjadi lebih mengasikkan apabila menggunakan internet yang memungkinkan kita berinteraksi dengan teman bermain di tempat yang berbeda

Akses internet juga sangat mudah dilakukan. Hampir di setiap tempat keramainan ada warnet ( warung internet ), yang memungkinkan kita untuk mengakses internet dengan biaya yang terjangkau. Tempat-tempat yang disebut sebagai “Hotspot” juga semakin banyak kita jumpai di hotel atau mal. Tempat-tempat tersebut memungkinkan kita untuk mengakses internet dengan menggunakan laptop atau perangkat lain.

Mengenal Internet

Internet berasal dari kata Interconnection Network, yang secara bahasa bermakna jaringan yang saling berhubugan.Secara umum Internet adalah jaringan komputer utama yang terdiri dari jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia yang saling berhubungan dalam suatu jaringan yang sangat luas. Setiap komputer yang terhubung dalam internet pasti menggunakan standar terntentu, yaitu Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan standar tersebut, setiap komputer yang terhubung dalam jaringan internet dapat melakukan komunikasi data dengan komputer lainnya. Secara umum dapat dikatakan juga bahwa internet adalah jaringan komputer utama yang terdiri dari jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.

Internet terdiri dari jutaan jaringan lokal yang dapat saling berhubungan. Saat komputer kita terhubung dengan internet, maka saat itu pula kita telah berada pada suatu jaringan yang sangat luas yang memungkinkan kita untuk berhubungan (misalnya bertukar data, seperti mengirim email, chatting, mengirim file, melihat suatu website, taupun bermain game) dengan komputer-komputer lain di seluruh dunia yang juga terhubung dengan internet. Komputer yang terhubung dengan jaringan internet biasa disebut dengan istilah host.

Seperti yang telah disinggung di atas, saat ini bagi sebagian orang, internet bukan lagi suatu kemewahan namun telah menjadi kebutuhan. Dalam dunia usaha, internet mutlak deperlukan, misalnya untuk mengirim informasi secara cepat, untuk melakukan diskusi jarak jauh, bahkan untuk melakukan transaksi pembayaran. Di bidang lain seperti pendidikan, internet digunakan untuk pembelajaran jarak jauh, sehingga antara guru dan murid memungkinkan untuk saling bertatap muka tanpa berada di tempat yang sama.

Seiring berjalannya waktu, jumlah pengguna internet semakin bertambah, begitu pula dengan perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat berubah. Namun demikian, internet tetap merupakan fasilitas yang dapat digunakan oleh semua orang tanpa adanya larangan. Internet adalah milik seluruh masyarakat. Tidak ada seorang pun yang dapat menyatakan bahwa internet adalah miliknya secara pribadi. Semua orang berhak mengakses internet tanpa dibatasi larangan-larangan maupun peraturan teritorial dari pihak-pihak tertentu.
Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat kita lakukan melalui internet:
  • Mencari Informasi. Setiap hari kita menerima informasi, baik itu melalui televisi, radio, koran atau majalah. Internet merupakan hutan rimba informasi. Di dalamnya ada banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan.
  • Pertukaran informasi melalui email. Melalui Internet dapat bertukar infirmasi dengan komputer lain,tanpa terhalang oleh waktu,tempat,batas negara,hukum maupun proses birokrasi.
  • Bercakap-cakap dengan pengguna lain di tempat yang saling berjauhan. Istilah yang sering digunakan aktivitas ini adalah chatting. Chatting merupakan aktivitas sosial yang memungkinkan kita untuk lebih mengetahui kehidupan sosial, ciri khas, atau kebudayaan negara lain, tanpa harus mengunjungi negara tersebut. Kita dapat melakukan itu semua dengan berbekal sebuah komputer yang terhubung dengan internet.
  • Berbagi cerita melalui blog. Blog adalah kegiatan yang saat ini digemari oleh jutaan pengguna internet. Blog seperti halnya diary yang boleh dibaca oleh semua orang. Di blog ini, kita bebas menuliskan pengalamn atau berbagi pengetahuan. Semua orang di dunia dapat membaca dan mengomentari apa yang kita tulis.
  • Bergabung dengan grup pertemanan. Grup pertemanan memungkinkan kita untuk menambah teman baru melalui internet. Saat ini banyak situs menjadi populer karena memerikan layanan grup pertemanan ini, seperti facebook.com , friendster.com , dan sebagainya.
  • Berbelanja. Dengan menggunakan internet, kita dapat berbelanja online tanpa harus meninggalkan rumah. Kita dapat mengunjungi toko-toko online yang jumlahnya jutaan memalui internet kita bisa membeli barang yang kita inginkan. Sistem pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.
  • Bermain game. Jika beberapa tahun yang lalu, bermain game harus dilakukan bersama-sama ditempat yang sama, sekarang tidak lagi. Bermain game bersama dapat dilakukan di tempat yang berbeda dengan menggunakan internet. Online game game atau bermain game di internet telah menjadi budaya tersendiri bagi para pecandu game.
  • Menonton film. Film merupakan salah satu bentuk hiburan yang digemari oleh semua lapisan masyarakat. Di internet, banyak terdapat film-film, baik itu film yang dibuat secara profesional maupun oleh para amatir yang sekedar ingin berbagi cerita melalui film tersebut. Situs penyedia film seperti Youtube.com, menjadi salah satu situs yang paling digemari karena memungkinkan untuk meng-unduh film di dalamnya dengan gratis.

Mengenal Intranet

Selain internet, dalam jaringan komputer juga dikenal istilah intranet. Intranet adalah kumpulan komputer yang saling berhubungan dalam sebuah jaringan khusus atau privat (private computer network) pada lingkup sebuah institusi atau perusahaan. Cara kerja intranet tidak jauh berbeda dengan internet, hanya saja intranet memiliki cangkupan area yang lebih kecil. Dikatan jaringan komputer privat karena informasi yang dibagikan hanya perlu diketahui oleh anggota institusi perusahaan tersebut.

Perkembangan internet yang cukup pesat juga memberi dampak yang sangat menjanjikan bagi perkembangan intranet. Oleh karena itu, intranet merupakan pilihan yang sering digunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkan jaringan lokal berkualitas, yang efektif namun tetap efisien. Hal yang paling membedakan antara internet dan intranet adalah internet dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia, sedangkan akses intranet dibatasi hanya untuk anggota organisasi yang bersangkuta.

Keuntungan bagi suatu perusahaan yang menggunakan intranet adalah sebagai berikut:

Megurangi biaya
Salah satu keuntungan utama dalam intranet adalah efisiensi dalam biaya yang dihasilkan melalui lingkungan tanpa-kertas (paperless environment). Misal, jika sebuah perusahaan menggunakan intranet dalam operasional perusahaan sehari-hari, maka dokumen-dokumen dan informasi perusahaan tersebut diletakkan dalam sebuah halaman web yang dapat diakses oleh siapa pun yang terhubung dalam jaringan intranet tersebut. Hal ini tentunya akan mengurangi biaya pencetakkan dan minimalkan duplikasi dokumen.

Menghemat waktu
Dengan adanya intranet, komunikasi dapat dipercepat melalui email atau fasilitas chatting. Para pegawai tidak perlu lagi berjalan dari suatu ruang ke ruang lain untuk sekedar memberikan dokumen. Mereka dapat saling berkomunikasi melalui email atau berbicara melalui fasilitas chatting.

Meningkatkan kolaborasi
Kolaborasi merupakan suatu kondisi kerja sama antara dua orang atau lebih, untuk mencapai sebuah tujuan. Ketika perusahaan mengerjakan suatu proyek yang terdiri dari banyak orang, maka sangat dibutuhkan suato kolaborasi antar-anggota dalam proyek tersebut untuk menyelesaikannya. Bentuk kolaborasi, antara lain dengan cara menyelesaikan tugas tepat pada waktunya, berkomunikasi dan menyebarkan informasi pada pihak yang memerlukan, serta saling bertukar informasi jika dibutuhkan. Adanya intranet memungkinkan kolaborasi dengan cara yang lebih rapi sehingga masing-masing dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Meningkatkan produktivitas dan efisiensi
Produktivitas adalah jumlah yang dihasilkan oleh suatu perusahaan, sedangkan efisiensi merupakan waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk. Setiap perusahaan mengiginkan untuk memiliki produktuvutas yang tinggi serta efisien. Dengan intranet, produktivitas dan efisiensi akan mengalami peningkatan yang lebih baik dibandingkan mengelola informasi secara manual. Pertukaran informasi dapat dilakukan dengan cepat, lebih mudah, dan lebih fleksibel melalui intranet. Hal ini akan membuat para pekerja dalam perusahaan tersebut bekerja dengan efektif.

Membentuk lingkungan komputer yang terintegrasi dan terdistribusi
Lingkungan kompouter yang terintegrasi, artinya setiap komputer merupakan satu kesatuan dengan yang lain. Dengan adanya intranet, sebuah komputer yang ada di perusahaan tersebut dapat saling terhubung dengan sistem informasi yang ada di perusahaan tersebut, seperti sistem pemrosesan informasi, sistem informasi manajemen, sistem pendukung keputusan, dan sebagainya.

Kaya dalam format
Intranet juga memungkinkan komunikasi multi-media (banyak media). Pada perusahaan yang lama, komunikasi terjalin hanya melalui media kertas atau mungkin suara. Namun dengan menggunakan intranet, komunikasi dapat berlangsung, baik melalui media teks, gambar, maupun video.

Intranet mempunyai tiga buah model organisasi, yaitu:

Model tersentralisasi
Dalam model ini hanya dimungkinkan sebuah server yang menampung semua data yang perlukan. Semua pengguna yang memerlukan data, harus melakukan akses terhadap server sebagai satu-satunya penyedia data. Permasalahanya yang dapat ditimbulkan adalah ketika server mengalami kerusakan, maka semua layanan data tidak dapat dilakukan.

Model desentralisasi
Model ini berlawanan dengan model tersentralisasi. Dalam model ini, semua pengguna dapat menyimpan data dan informasi kedalam server. Masalah yang dapat timbul dalam model ini adalah ketidakteraturan organisasi dokumen karena semua pengguna dapat menyimpan dan mengakses data dari server.

Model campuran
Gabungan dari model sentralisasi dan desentralisasi. Pada akhirnya, organisasi pengguna intranet-lah yang menentukan mana yang paling cocok dan efektif untuk digunakan.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Pengertian Internet dan Intranet"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, kalo ada yang gak pahan bilang aja ke saya ntar saya jelasin :)

      Delete
  2. bisa tambah referensi dan wawasan nih. thanks gan

    ReplyDelete
  3. internet, intranet, kalo ethernet itu apa ya ? apa intranet dan ethernet itu sama ?

    ReplyDelete

" KOMENTAR ANDA SANGAT BERARTI BAGI KAMI "
► Dilarang SPAM
► Dilarang Berbicara Kotor
► Jika Ada Yang Salah Mohon Maaf
► Semoga Artikelnya Bermanfaat
► Terima Kasih Telah Mungunjungi WEB Ini